Tabungan Gratis Biaya Tarik Tunai ATM Mana Saja

Kali ini wartadana akan bahas 10 rekening tabungan gratis biaya tarik tunai ATM Bank mana saja demi menghemat biaya perbankan yang terselubung.

Yok, mari kita cari tahu tabungan mana saja yang bebas tarik tunai di ATM manapun.

Tapi sebelumnya kita cari tahu tentang cara penarikan saldo tabungan, biaya penarikan lewat ATM dan alternatif penarikan saldo lainnya.

 

a. Penarikan Tunai Saldo Tabungan

Untuk melakukan penarikan uang dari tabungan, yang kamu butuhkan adalah media penarikan seperti :

  1. Kartu ATM : melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM,
  2. Buku tabungan + slip penarikan : melakukan penarikan tunai melalui konter teller,
  3. Data login internet / mobile banking : melakukan penarikan / transaksi non tunai kapan saja.

Ketiga hal di atas, kartu ATM, buku tabungan dan data login merupakan bukti bahwa kamu adalah pemilik sah dari sebuah rekening di Bank.

Sehingga kamulah yang berhak menjalankan transaksi apapun di rekening tersebut.

Karna itu : semua informasi perbankan milikmu termasuk PIN dan data login internet / mobile banking merupakan privasi yang nggak boleh kamu bagikan pada siapapun.

Jika terjadi transaksi karna kecerobohan kita sebagai pemilik rekening, Bank biasanya nggak akan tanggungjawab. Kecuali kita menjadi korban cyber crime yang dapat dibuktikan.

Jadi, biar lebih aman, marilah jaga data pribadi tersebut. Make it private. Cukup jadi konsumsi pribadi kamu seorang.

 

b. Rekening Tabungan Tanpa Buku Tabungan

Sekarang kita bahas sedikit tentang rekening tabungan tanpa buku tabungan.

Belakangan banyak rekening tabungan Bank yang dibuka tanpa buku tabungan / passbook. Sehingga kamu sebagai nasabah nggak menerima buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Dalam hal ini, bukti kepemilikan rekening adalah IDENTITAS kamu, kartu ATM dan data login internet / mobile banking. Jadi pastiin kamu ingat dan simpan ketiga data ini dengan baik.

Plusnya rekening tabungan tanpa passbook adalah go green dan nggak nambah dokumen-dokumen perbankan untuk kamu arsip dan simpan.

Minusnya adalah kamu mesti aware banget akan rekening tabungan ini. Tanpa buku tabungan, seringnya setelah beberapa tahun, tabungan tersebut akan terlupakan (apalagi kalo jarang transaksi).

 

c. Jaringan ATM di Indonesia

Terdapat 3 jaringan ATM di Indonesia, yaitu :

  1. ATM Bersama
  2. ATM Prima
  3. ALTO

Tujuan cari tahu jaringan ATM adalah mastiin bahwa mesin ATM yang kamu pilih untuk tarik tunai, bisa mengakomodir jaringan di kartu ATM-mu.

Misalnya nih kartu ATM-mu berlogo Prima, maka kamu hanya bisa tarik uang di ATM yang support jaringan Prima. Begitu juga dengan jaringan lainnya.

Cara melihat jaringan adalah balik kartu ATM dan lihat di kanan bawah. Jaringan yang tertera adalah jaringan ATM yang bisa kamu gunakan.

 

1. ATM Link

ATM Link adalah gabungan seluruh ATM milik Bank Pemerintah yang terdiri atas BNI, BRI, Bank Mandiri & BTN.

Biasa disebut juga ATM Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Keuntungan ATM Link adalah bagi nasabah dari Bank BUMN, dimana jika kamu punya rekening di salah satu Bank di atas, kamu akan bebas biaya tarik tunai di semua ATM Link / ATM BNI, BRI, Mandiri & BTN.

Sehingga jika ada pertanyaan : berapa biaya tarik tunai ATM BRI? Maka jawabannya adalah tergantung rekening yang dimiliki nasabah.

Kalo nasabah mau tarik dana dari rekening Bank Himbara melalui ATM BRI, maka biaya tarik tunainya adalah gratis = Rp 0.

Begitu juga jika ada pertanyaan : berapa biaya tarik tunai ATM Mandiri?

Kalo nasabah mau tarik dana dari rekening non Himbara melalui ATM Mandiri, maka biaya tarik tunai adalah Rp 7.500

 

2. Kartu GPN

Seiring dengan peluncuran GPN / Gerbang Pembayaran Nasional sebagai jaringan pembayaran, maka kita sebagai nasabah diwajibkan untuk punya 1 kartu GPN per orang.

contoh kartu GPN

Makanya saat buat rekening, Bank akan nyaranin kamu untuk pake kartu GPN aja.

Khusus untuk GPN karna merupakan jaringan pembayaran lokal maka hanya bisa digunakan di Indonesia.

Jadi saat kamu keluar negeri, kartu ATM-mu yang berlogo GPN nggak bisa digunakan. Karna jaringan ATM mereka nggak support dengan jaringan lokal Indonesia.

Sehingga saran selanjutnya adalah tetap buat kartu ATM berlogo Visa / Mastercard agar kamu tetap bisa pake kartu ATM-mu saat keluar negeri.

 

3. Kartu ATM Dengan Chip

Kartu ATM sekarang sudah dibekali dengan teknologi CHIP.

Jadi di kartu ATM, sebelah kiri tengah akan terlihat bentuk CHIP seperti gambar di bawah ini.

Tujuan kartu ATM diberi chip adalah untuk meningkatkan keamanan kartu, agar nggak mudah dibobol.

Beda dengan kartu ATM jaman dulu yang nggak pake chip melainkan magnetic strip saja.

 

d. Limit Tarik Tunai Saldo Tabungan

Memahami limit tarik tunai saldo tabungan akan membantu kamu saat mutusin mau tarik uang ke Bank atau cukup lewat ATM saja.

Tapi sebelumnya, mari mengerti bahwa Bank nggak pernah membatasi jumlah uang yang akan kamu setorkan ke rekening tabungan. Artinya kamu boleh setor sebanyak yang kamu mampu.

Jika nantinya transaksimu di luar profil nasabah, Bank akan menelpon untuk konfirmasi doang.

Pengecualiannya adalah setoran melalui mesin CDM / Cash Deposit Machine, dimana Bank membatasi jumlah setoran tunai tabunganmu sampai dengan Rp 15 juta per hari.

Kembali ke limit penarikan tunai harian.

  1. Jika kamu tarik tunai dana melalui konter teller, nggak ada batas maksimal penarikan. Paling disisakan saldo mengendap / saldo ditahan sesuai ketentuan Bank (Rp 50.000 / Rp 100.000)
  2. Jika kamu tarik tunai uang lewat ATM, ada limit maksimal penarikan. Jadi saat kamu berencana untuk tarik dana lewat ATM, pastikan dahulu limit maksimal penarikan per hari. Biasanya Bank mematok sekitar Rp 10 juta – Rp 15 juta per hari.

Kesimpulannya :

  1. Menarik uang melalui konter teller dengan buku tabungan / kartu ATM nggak ada batas maksimal jumlah penarikan.
  2. Menarik uang melalui mesin ATM dibatasi Rp 10 juta – Rp 15 juta per hari.

 

e. Transaksi Cek Saldo di ATM

Saat melakukan transaksi cek saldo di ATM Bank yang sama dengan rekening tabunganmu, kamu nggak akan dikenakan biaya cek saldo ATM alias gratis biaya cek saldo di ATM.

Sementara kalo kamu melakukan transaksi cek saldo di ATM Bank lain, maka kamu akan kena biaya admin cek saldo sebesar Rp 7.500 per kali transaksi.

Sehingga sarannya adalah jangan lakuin transaksi cek saldo di ATM Bank lain, kecuali kamu menerima struk ATM yang berisikan sisa saldomu setelah transaksi.

Mending manfaatin fasilitas internet banking / mobile banking yang bisa kamu akses kapan saja dan gratis alias nggak kena biaya sama sekali.

Jadi cukup cek saldo tabungan lewat internet / mobile banking. Deal?

 

f. Saldo Mengendap / Saldo Minimal Tabungan

Saldo mengendap rekening tabungan adalah saldo minimal yang harus tersisa di rekening tabunganmu setelah melakukan sebuah transaksi.

Jadi sering kita temukan kejadian dimana saldo tabungan masih ada tapi transaksi penarikan gagal.

Hal ini terjadi karna saldo yang tersisa setelah penarikan nggak sesuai dengan batas saldo yang harus disisakan.

Sehingga sering muncul pertanyaan : saldo 100 ribu di ATM apakah bisa diambil?

Jawabannya adalah tergantung berapa saldo mengendap dari rekeningmu?

  • Kalo saldo mengendap disyaratkan 100 ribu, artinya nggak bisa ditarik.
  • Kalo saldo mengendap disyaratkan Rp 50.000 artinya kamu bisa tarik Rp 50.000 lainnya.

Saya mau kasih testimoni untuk Bank BCA yang menurut saya fair dan transparan (murni karna saya ngerasa dia membantu – tanpa konflik kepentingan ya).

Saldo tabungan BCA di internet banking nggak sama dengan saldo tabungan di mesin ATM. Karna sistem BCA sudah memotong Rp 50.000 sebagai saldo minimal yang nggak dapat ditarik.

Jadi saat transaksi, saldo yang muncul di layar ATM BCA adalah saldo yang bisa saya pake sampai habis. Pernah saya sisakan Rp 5.000 doang dan transaksi tetap bisa jalan.

Fair nggak? Jadi nasabah yang tarik tunai lewat ATM nggak akan kena biaya administrasi saldo nggak cukup.

 

g. Biaya Gagal Transaksi ATM

Beberapa ATM membebankan biaya jika terjadi kegagalan transaksi di ATM.

Kegagalan transaksi di ATM sering timbul karna :

  1. Dana nggak cukup. Jadi saat melakukan penarikan dana saldonya tidak cukup, maka nasabah akan dikenakan biaya gagal transaksi di ATM.
  2. Salah input PIN.
  3. Mencapai limit maksimal. Contoh batas penarikan adalah Rp 10 juta per hari, tapi nasabah kembali menginput penarikan 1 juta. Yang artinya lewat dari limit dan akan kena biaya gagal transaksi.

Ada baiknya sebelum kamu buka rekening, kamu tanyain dahulu saldo mengendap yang diwajibkan oleh Bank untuk dapat gambaran saldo yang nggak akan bisa kamu tarik selama kamu jadi nasabah Bank.

Agar nantinya setiap kali kamu tarik tunai melalui ATM, kamu sudah kurangin biaya saldo mengendap tersebut.

Ketimbang setiap tarik tunai, dananya selalu nggak cukup dan dikenakan biaya penarikan saldo tidak cukup. Biasanya sekitar Rp 3.000 per kali transaksi.

 

h. Cara Tarik Tunai di ATM

Untuk melakukan tarik tunai dana di ATM, kamu perlu siapin :

  1. Kartu ATM yang masih berlaku
  2. Nomor PIN

Cara untuk melakukan penarikan dana lewat ATM adalah :

  1. Memasukkan kartu ATM ke dalam mesin (sesuai dengan arahannya). Tapi tenang aja, kalo salah masuk, mesin akan ngeluarian kartu tersebut. Jadi tinggal dibolak balik dan masukin lagi.
  2. Pilih Bahasa (kalo ada). Realistis aja, selalu pilih Bahasa Indonesia biar kita nggak bingung.
  3. Pilih Transaksi :
    • Tarik tunai. Kalo kamu pilih transaksi tarik tunai, kamu akan dikasih pilihan nominal yang tersedia dari Rp 100 ribu, Rp 300 ribu, Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Silahkan pilih nominal yang kamu mau.
    • Transaksi lainnya. Kalo kamu mau tarik di luar nominal tersebut, silahkan pilih transaksi lainnya dan klik penarikan saldo / penarikan tunai. Kemudian input sendiri nominal yang kamu mau.
  4. Masukkan PIN untuk verifikasi (6 digit angka).
  5. Terima uang dan pastikan kamu ambil kartu ATM tersebut. Done.

Kesalahan yang sering terjadi di ATM adalah :

  1. Nasabah ketinggalan kartu ATM. Pastikan kamu selalu ambil kartu ATM-mu setelah transaksi.
  2. Kartu ATM tertelan. Biasanya terjadi kalo mesin mengeluarkan kartu dan kamu buru-buru masukin kartu tersebut. Sarannya : selalu kasih jeda bagi mesin untuk kembali ke tampilan awal sebelum kamu masukin kartu ATM-mu.
  3. Nggak menutup PIN pad saat input PIN. Jika beruntung hal ini nggak mempengaruhi hidupmu. Tapi kalo lagi sial, bisa jadi ATMmu di-skim dan jadi korban penipuan yang berujung kerugian.
  4. Jadi korban penipuan. Banyak banget korban penipuan yang bermula dari ATM. Sehingga jangan percaya sama siapapun yang berada di ruang ATM tersebut. Mending dijutekin aja.

 

i. Biaya Penarikan Tunai di ATM Bank Lain

Biaya penarikan tunai di ATM Bank lain biasanya dibebankan sekitar Rp 7.500

Perlu diingat bahwa saat kamu tarik uang dari ATM Bank yang kamu gunakan, nggak ada biaya penarikan. Hal ini karna ATM diberikan sebagai fasilitas dari Bank untuk kamu sebagai nasabahnya.

Sementara saat kamu narik uang dari ATM Bank lain, maka kamu akan dikenakan biaya penarikan.

Hal ini karna saat pake ATM Bank lain, kamu meminjam fasilitas Bank tersebut. Sehingga kamu pun dikenakan biaya.

Biaya tarik tunai ATM Bersama / biaya tarik tunai ATM Prima = Rp 7.500 per transaksi.

Tapi yang terjadi saat ini adalah Bank mulai memberikan fasilitas gratis tarik tunai di ATM bank mana saja untuk meningkatkan jumlah penabung mereka.

Jadi, sambilan mereka meminjam resource bank lain, mereka membayarkan biaya tarik tunai tersebut kepada nasabahnya.

Sehingga biaya tetap dikenakan, tetapi nggak dibebankan ke nasabah melainkan ditanggung oleh Bank.

 

j. Bank Yang ATM-nya Ada Dimanapun

Sebelum bahas rekening Bank lain, mari bahas soal Bank yang ATM-nya ada dimana saja, yaitu rekening Bank BUMN dan Bank BCA.

Saking ramenya ATM-ATM ini, pemilik rekening jadi leluasa untuk transaksi dimana saja. Sehingga nggak perlu mikirin soal biaya penarikan tunai di ATM bank lain.

1. Rekening Bank BUMN

Berada di posisi pertama adalah rekening apapun dari Bank BUMN atau Bank Himbara.

Bank Himbara adalah Himpunan Bank Milik Negara yang terdiri Bank Mandiri, BNI, BRI & BTN.

Rekening Himbara bisa digunakan untuk transaksi menggunakan jaringan ATM yang dikenal dengan LINK. Merujuk penjelasan di atas tentang jaringan ATM Link

Sehingga jika kamu adalah pemilik salah satu rekening dari Himbara, kamu sudah bisa menikmati fasilitas gratis tarik tunai di ATM Link, dimana pun.

 

2. Rekening Bank BCA

Sebagai bank swasta nasional terbesar di Indonesia, BCA memiliki jaringan ATM yang tersebar di banyak lokasi.

Dulunya jaringan ATM BCA terkenal eksklusif, sehingga nggak semua kartu ATM bisa digunakan transaksi di ATM BCA.

Tapi sejak adanya 2005, jaringan BCA Debet tersebut berganti menjadi jaringan ATM Prima yang bisa digunakan lebih luas (nggak ekslusif untuk kartu ATM BCA doang).

Intinya sama kayak punya rekening Himbara, dengan punya rekening BCA sebenarnya kamu nggak perlu musingin biaya tarik tunai lagi. Karna ATM-nya sudah banyak banget dan mudah dijangkau.

Pstt : Satu kelebihan lainnya dari ATM BCA adalah bisa berfungsi sebagai CDM. Jadi nggak cuman untuk tarik uang, kamu bisa gunakan ATM BCA untuk setor uang.

 

K. Daftar Tabungan Gratis Tarik Tunai ATM Bank Lain

Berikut adalah daftar rekening tabungan gratis biaya tarik tunai di ATM mana saja.

Daftar ini dibuat berdasarkan abjad dan terdiri atas rekening yang bebas biaya tarik dengan syarat minimal saldo dan tabungan yang free biaya tarik ATM tanpa minimal saldo.

Yok, keep scrolling!

 

1. CIMB Indie Account

CIMB Indie Account adalah produk tabungan oleh CIMB Niaga.

Dengan syarat minimal saldo sebelum penarikan sebesar Rp 1 juta, kamu bisa menikmati gratis biaya tarik tunai di ATM mana saja sebanyak 10 kali.

Fasilitas tambahan dari CIMB Niaga Indie Account

  • Bisa dipake buat QR (dan dapat cashback).
  • Bisa buka versi syariah.

 

2. Danamon Lebih

Danamon Lebih adalah produk dari Danamon yang merupakan bagian dari konglomerasi asal Jepang – Mitsubishi UFJ.

Danamon Lebih memberi fasilitas bebas biaya tarik tunai di ATM Bank lain sebanyak 10 kali per bulan dengan syarat saldo sebelum transaksi > Rp 1 juta.

Nggak hanya untuk tarik tunai, kamu juga bisa pake kuota 10 kali ini untuk ngecek saldo di ATM atau transfer online melalui ATM.

Fasilitas Tambahan Danamon Lebih

  • Gratis asuransi jiwa sebesar Rp 10 juta selama 6 bulan pertama sejak buka rekening.
  • Setoran awal ringan Rp 250.000

 

3. Digibank

Digibank adalah rekening digital besutan Grup DBS Singapore.

Untuk bisa menikmati fasilitas gratis tarik tunai di ATM mana saja, kamu mesti punya saldo rata-rata sebesar 1 juta. Kuota gratis per bulan adalah 5 kali.

Jadi saat sudah lewat dari 5 kali penarikan, maka penarikan selanjutnya di ATM bank lain akan kena biaya Rp 7.500 per transaksi.

Fasilitas Tambahan Digibank

  • Gratis biaya transfer ke Bank lain sebanyak 100 kali jika saldo > Rp 1 juta.
  • Bisa deposito mulai dari Rp 1 juta.
  • Tanpa saldo minimal, bisa kuras tabungan sampai habis.

 

4. Jenius BTPN

Jenius adalah rekening digital besutan Grup BTPN.

Jenius ngasih fasilitas free biaya penarikan tunai melalui ATM mana saja sebanyak 5 kali per bulan dengan syarat saldo rata-rata per bulan sebesar Rp 1 juta.

Kalo saldo rata-rata lebih besar dari Rp 10 juta, kamu bisa dapatin gratis 25 tarik tunai di mana saja.

Fasilitas Tambahan Jenius BTPN

  • Tanpa saldo minimum jadi bisa transaksi sampai 0.
  • Bisa dipake untuk beli-jual valas.
  • Fasilitas tabungan berjangka – flexi saver Jenius.

 

5. Maybank Maksi

Tabungan Maksi adalah rekening tabungan produk Maybank Indonesia.

FYI : Maybank Indonesia adalah bagian dari grup Maybank Berhad yang merupakan BUMN Malaysia.

Tabungan Maksi ngasih fasilitas bebas biaya tarik tunai melalui ATM mana saja tanpa syarat minimal saldo.

Fasilitas Tambahan Tabungan Maksi Maybank

  • Setoran awal terjangkau sebesar Rp 200.000
  • Gratis biaya transfer online sebanyak 75 kali per bulan.
  • Fasilitas tabungan berjangka dengan bunga menarik. Eduplan bunga 5 %.

 

6. OCBC Tanda 360 Plus

OCBCNISP adalah bagian dari grup OCBC yang berasal dari Singapura juga.

OCBC Tanda 360 Plus merupakan tabungan gratis biaya tarik tunai di ATM mana saja dengan syarat saldo minimal setelah transaksi adalah Rp 10 juta.

Kuota yang diberikan adalah 30 kali per bulan, termasuk transfer online ataupun transaksi lainnya lewat internet / mobile banking.

Fasilitas Tambahan OCBC Tanda 360 Plus

  • Bisa nabung dalam 11 mata uang berbeda.
  • Deposito start dari Rp 8 juta.

 

7. Panin Bank

Bank Panin adalah salah satu Bank lokal Indonesia yang sudah masuk dalam Bank BUKU IV.

Tapi sejauh ini rekening Bank Panin jarang dimasukin dalam list artikel rekening di wartadana karna tabungannya lumayan sederhana.

Khusus Tabungan Panin, nasabah bisa nikmati gratis tarik tunai di ATM mana saja dengan catatan saldo setelah transaksi > Rp 5 juta.

 

8. Permata ME

Permata ME adalah rekening konvensional dari Bank Permata. Permata ME dapat dibuka versi biasa atau versi syariah.

Untuk bisa menikmati gratis tarik tunai di ATM Bank mana saja, kamu mesti memiliki saldo minimal Rp 1 juta sebelum transaksi. Dan tanpa batasan kuota.

Fasilitas Tambahan Permata ME

 

9. Sinarmas Alfamart

Sinarmas Alfamart adalah tabungan yang dikhususkan bagi nasabah yang sering belanja di Alfamart.

Untuk menikmati fasilitas gratis tarik tunai di ATM Bank lain, kamu mesti punya saldo minimal Rp 5 juta sebelum transaksi.

Syarat minimal saldonya lumayan besar, mengingat Tabungan Sinarmas Alfamart ini nggak ngasih bunga tabungan.

Fasilitas Tambahan Sinarmas Alfamart

  • Bebas biaya penutupan rekening.
  • Tanpa saldo mininum, jadi kamu bisa transaksi sampai saldo Rp 0. 
  • Double poin Alfamart saat belanja.

 

10. TMRW UOB

TMRW adalah rekening digital besutan Grup UOB Singapore.

Untuk bisa menikmati fasilitas gratis tarik tunai di ATM Prima / ATM Bersama, kamu mesti punya saldo minimal sebelum transaksi sebesar 1 juta.

Dan sedapnya adalah nggak ada batasan kuota. Jadi bebas tarik tunai berkali-kali.

Fasilitas Tambahan TMRW UOB

  • Gratis biaya top up e-money (favorit)
  • Fasilitas tabungan berjangka menggunakan City of TMRW dengan bunga 4 %.
  • Tanpa saldo mininum, jadi kamu bisa transaksi sampai saldo Rp 0. 

***

Demikian daftar tabungan free biaya tarik tunai melalui ATM Bank lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan kamu dalam menggunakan fasilitas perbankan.

Kalo kamu punya materi atau ide yang menarik tentang perbankan atau produk keuangan, bantu komen agar kita bisa bahas dalam artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah main ke wartadana.com

REFERENSI PERENCANAAN KEUANGAN PRIBADI KAUM MILENIAL

Note :

Seiring dengan merebaknya kasus 20 M yang menyeret sebuah Bank besar dan figur publik, saya menyarankan agar mulai dari sekarang marilah bersikap proaktif terhadap keuangan kamu.

Mengelola keuangan itu nggak seribet yang dikampanyekan banyak orang. Selama sistem kamu sudah set, tugasmu adalah memantau berkala. Jadi mari proaktif!

Baca Juga :

Link Wartadana :

Jika ada tambahan tabungan gratis tarik tunai ATM, bantu komen di bawah.

Summary
Article Name
Rekening Tabungan Gratis Tarik Tunai ATM Mana Saja (Daftar Terupdate 2020)
Description
Daftar rekening tabungan gratis biaya tarik tunai ATM Bank mana saja termasuk syarat minimal saldo yang ditarik dan cara tarik uang di ATM.
Author
Publisher Name
www.wartadana.com
-

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *