Cara Menabung Uang Jaman Now

Ingin tahu cara menabung uang secepat kilat?

Well, maaf! Menabung uang secepat kilat = menghabiskan uang secepat kilat.

Jadi cara kayak gitu nggak pernah ada.

Dan kalo ada orang lain yang mencoba nunjukin cara menabung super sakti padamu, kamu larii secepat kilat dari orang itu.

Kembali pada topik menyimpan uang, wartadana akan share 3 langkah awal untuk membuat tabungan kita bertambah setiap bulannya.

Cara yang realistis dan nggak muluk-muluk.

Yok!

 

1. Punya Tujuan Finansial

Saya bukan fans tujuan finansial.

Pernah saya benci banget dengan tujuan finansial. Bullsh*t!

Tapi sekarang saya malah percaya bahwa tujuan finansial adalah hal pertama yang harus kita punya pas bertekad untuk menabung.

Kenapa?

Karena terlepas dari betapa menyebalkannya mendengar kata tujuan finansial, kita mesti mengakui bahwa mobil yang tahu tujuan akhirnya akan sampai lebih cepat di tujuan tersebut dibandingkan dengan mobil yang berputar-putar tanpa arah.

Tujuan finansial bikin kita gampang menabung karena kita punya arah.

  • “Hey! Saya mau nabung 50 juta tahun ini untuk DP rumah.”
  • Helloooo! It’s me. Saya kepengen nabung 100 juta untuk modal nikah.”

Anything. Termasuk tujuan seperti ini sekalipun :

  • “Saya mau nabung 10 juta untuk ganti henpon ke aiphone Z.”

Dalam minggu ini, saya belajar satu hal penting dalam hidup bahwa :

Kita nggak bisa menjadi orang lain, selain diri kita sendiri.

Jadi gimanapun nggak idealnya diri kita atau gimanapun nggak idealnya tujuan finansial kita, jalani saja.

 

Tujuan Finansial Yang Receh

Boleh kok punya tujuan finansial yang receh banget. Boleh kok menginginkan hal-hal kecil dalam hidup.

Selama itu yang kita mau, langkah selanjutnya adalah usaha demi tujuan finansial tersebut.

  • Jadi apa tujuan finansial kita?
  • Apa yang ingin kita capai dengan menabung?
  • Apa yang bisa membuat kita mau mengorbankan momen ini demi masa depan?

Kita masing-masing pasti punya tujuan.

Dari tujuan itu, pilihlah yang sifatnya finansial. Sesuatu yang bikin kita rela mengorbankan apa saja demi tujuan keuangan tersebut.

Kemudian yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah mengakui tujuan finansial tersebut dan dijadiin sebagai alasan kita menabung. Biarr…

  1. Kita punya alasan untuk bangun setiap pagi
  2. Kita punya alasan untuk berangkat bekerja setiap weekdays
  3. Kita punya alasan untuk berhemat dalam hal-hal kecil
  4. Kita punya alasan untuk mengatur pengeluaran bulanan kita
  5. Dan kita punya alasan untuk mencoba terus setiap harinya

Jadi apa tujuan finansialmu?

Baca Juga : Smart Goal Finansial

 

2. Melunasi Hutang

Hutang adalah sesuatu yang akan memperlambat langkah kita di masa depan.

Karena HUTANG mesti dibayar hingga lunas, entah itu besok atau lusa.

Jadi kalo kita biarin hutang berlarut-larut, akan semakin panjang proses kita melunasi hutang.

Trus, gimana caranya untuk melunasi hutang?

Bener, cara pertama untuk melunasi hutang adalah dengan mengakui hutang tersebut.

Ingat bahwa melunasi hutang akan menghabiskan banyak waktu dan energi, sehingga kita butuh komitmen. Dan kita baru bisa komitmen pada sesuatu yang kita akui keberadaannya.

Jadi akui keberadaan hutang-hutang kita dan komitlah untuk bayarin sampai lunas.

Ingat selalu bahwa sebelum berpikir untuk menabung dalam jumlah besar, kita perlu melunasi hutang terlebih dahulu.

Karena kita nggak bisa berkomitmen pada terlalu banyak hal.

Fokus kita bakalan pecah dan sulit memutuskan mana yang lebih penting.

Ujung-ujungnya bakalan ambyar semua. 

Baca Juga :

 

Melunasi Hutang Yang Banyak

Jika hutang kita hanya satu, akan mudah melunasinya karna kita bisa fokus. Tetapi gimana kalo hutang kita ternyata lebih dari satu?

Berikut adalah skema prioritas melunasi hutang yang baik :

  1. Lunasi hutang yang dikenakan bunga
  2. Lunasi hutang pada pihak ketiga selain keluarga dan teman terlebih dahulu
  3. Lunasi hutang kepada teman dahulu sebelum keluarga
  4. Lunasi hutang yang besar dahulu, karena mesti dicicil perlahan
  5. Lunasi hutang yang paling lama waktunya

Dan ingat untuk NGGAK NAMBAH HUTANG LAGI!

Serta penting untuk mengerti jika dalam waktu melunasi hutang ini kita nggak akan mampu menabung sepeserpun, sehingga tujuan finansial kita nggak juga tambah dekat.

Jangan ngomong : “Gimana mau nabung, ini dari kemarin bayarin hutang aja nggak kelar-kelar.”

Memang benar kita nggak bisa nabung sepeserpun sehingga tujuan finansial kita belum dekat.

Sadar nggak, saat kita melunasi hutang-hutang tersebut, kita memastikan bahwa masa depan kita, termasuk gaji selanjutnya adalah milik kita sendiri SEPENUHNYA.

Gaji itu nggak akan kebagi untuk bayarin pihak lain lohhh.

Dannn mengucapkan kalimat di atas hanya nunjukin betapa nggak bertanggungjawabnya kita.

Sudah tahu ngutang harus bayar, kenapa malah mengeluh waktu membayarnya?

 

3. Buka Rekening Berbeda

Langkah terakhir adalah langkah super mudah yang kalo kita lakukan di awal sekali, akan membuat perjalanan menabung kita semakin lancar jaya.

Yaitu buka rekening berbeda untuk menabung uang.

Menggabungkan rekening tabungan dengan rekening yang sehari-hari kita gunakan biasanya nggak efektif bagi kita yang baru mau belajar menabung.

Karena uang kita akan tercampur dan sulit memisahkan porsi tabungan dengan porsi yang boleh kita gunakan.

Maka membuka rekening terpisah adalah langkah kecil yang membuat perbedaan besar.

Rekening seperti apa yang sangat membantu sewaktu mulai belajar menabung?

  • Rekening yang terpisah dari rekening gaji.
  • Rekening yang biaya administrasinya rendah (kalo bisa rekening tanpa biaya administrasi).
  • Rekening yang ATM-nya sulit diakses, jadi kita mikir-mikir kalo mau narik uang karena akan kena biaya.
  • Rekening yang sifatnya kayak tabungan cicilan. Jadi kita bakalan dipaksa untuk menabung rutin. (tabungan berjangka)

Kalopun nggak mau ribet, membuat rekening baru di bank mana saja sudah cukup. Cari bank paling dekat dari lokasi kerja atau rumah tinggal kita dan buka rekening di sana.

Jika ketiga hal ini telah kita kerjakan, maka pekerjaan pikiran kita selanjutnya adalah fokus menabung.

Baca Juga : 7 Prinsip Menabung Dari Muda.

 

Pesan Sponsor :

Menabung nggak harus jadi aktivitas yang bikin kita stresss.

Karena menabung sama dengan membantu diri kita sendiri di masa depan. Kenapa harus dibuat jadi beban saat ini?

Dan  :

Hidup itu nggak ribet.
Menginginkan sesuatu = berupaya.
Tidak mau berupaya = tidak menginginkan sesuatu.

Menabung sejatinya adalah solusi dari permasalahan finansial kita, bukan beban.

Sehingga menabung nggak harus jadi beban atau alasan kita nggak menikmati hidup saat ini.

Selebihnya kembali pada kita. Mau pake cara seperti apa? Mau komitmen seperti apa? Dan mau tujuan finansial seperti apa?

Baca Juga :

Link Wartadana :

Terima kasih sudah main ke wartadana.com

REFERENSI FINANSIAL KAUM MILLENNIALS

Punya cara menabung uang yang lebih ampuh? Silahkan komen di bawah.

Summary
Article Name
CARA MENABUNG UANG - LAKUKAN 3 HAL INI DULU!
Description
Mencari cara menabung uang super cepat? Baca dulu 3 hal yang wajib dikerjakan sebelum mulai menyimpan uang, agar saldo nambahh terusss.
Author
Publisher Name
www.wartadana.com
-

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *