5 MINDSET BEBAS HUTANG ALA MILLENNIALS

Kepengen Punya Mindset Bebas Hutang?

Siapapun pasti kepengen bebas finansial. Kepengen punya cukup uang. Kepengen nggak ngutang kemana-mana. Sehingga penting untuk mikir dengan mindset bebas hutang.

Kali ini wartadana akan bahas 5 mindset bebas hutang berikut :

  1. Hutang Adalah Beban
  2. Hutang Bisa Kena Bunga
  3. Hutang Membatasi Ruang Gerak
  4. Hutang Bisa Merampas Masa Depan
  5. Keseringan Bikin Candu

Agar kamu dan saya jadi pribadi bebas hutang. Setuju ?penting! mindset bebas hutang

 

Bukan Nggak Boleh Ngutang

Saya setuju kalo ngutang nggak sepenuhnya buruk.

Kadang emang nasib nggak lagi berpihak sama kamu dan saya. Sehingga uang nggak cukup-cukup tapi mesti keluar terus.

Untuk ngatasin hal beginian, ketimbang kamu dan saya game over, maka hutang dijadikan solusi.

Tapi terlepas dari bantuan yang diberikan oleh si hutang, kamu dan saya mesti mengakui bahwa hutang adalah teman yang pamrih. Hutang Adalah Teman yang pamrih

Karena yang namanya ngutang kan tetap harus dibayar.

Mau dibayar sekarang atau besok atau tahunan kemudian, kamu tetap harus bayar lunas.

Jadi, kenapa nggak coba bayar lebih cepet?hutang tetap harus dilunasi

Mungkin untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu akan bilang :

  • Sekarang masih pas-pasan banget,
  • Aduh, kalo bisa bayar sudah saya bayar lunas kali,
  • Come on man! Saya juga bukan tipe yang doyan ngutang, ini emang nggak kebayar makanya nggak bisa dilunasi,
  • Yang dihutangin orang kaya, biarin aja dulu deh.

Nah, saya mau kasih tau : kalo emang kamu belum mampu bayar, ya nggak usah dipaksain.

Kamu kan tetap harus hidup, biar satu hari nanti hutang itu bisa lunas.

Si pemberi pinjaman juga tahu, kalo kamu game over uangnya nggak bakalan balik.

Tapi, kalo saat ini kamu belum coba hitung sampai sen-sen terakhir, nggak fair rasanya mengaku belum mampu bayar.belum usaha sudah mundur duluan

Mending dihitung dan dilihat kembali. Siapa tahu masih ada sedikit kelonggaran.

Karena kamu bisa :

Ngurangi Kesenangan Saat Ini

Untuk ngurangin hutangmu sendiri.

Tapi sedihnya beginilah gaya hidup yang kamu dan saya lakoni.

Tagline-nya tinggal di kota besar. manusia kota besar

Kemana mata memandang selalu ada barang jualan.

Kemana mata melihat selalu ada banyak hiburan.

Gaya hidup kota metropolitan.

Sebenarnya nggak perlu, tapi gimana lagi?

  • Kalo saya nggak nonton Avengers : Infinity War seminggu setelah rilis artinya saya kuper.
  • Kalo saya nggak cobain kafe baru di jalan X artinya saya nggak kekinian.
  • Kalo saya nggak keluar sewaktu weekend artinya hidup saya ngebosenin.

apalah dayaku yang lemah ini

Kalimat-kalimat gini nih yang bikin saya dan kamu akhirnya milih untuk hidup kayak orang lain.

Begitu keluar film Hollywood terbaru :

  • berbondong-bondong ke bioskop,
  • beli tiket yang mahal (sewaktu weekend),
  • beli snack yang sama mahalnya dan
  • nge-post di laman sosial media.

Padahal semestinya kamu dan saya mikir realistis dengan jujur.

Sanggupkah ngikutin gaya hidup begitu, saat ada setumpuk hutang yang mesti dibayar?kalo sanggup ya lanjut

“Kalo sanggup ya nggak masalah, lanjutin!”

Tapi kalo nggak sanggup, ngapain hidup senang dengan tumpukan hutang?

Karena pertanyaan selanjutnya adalah mau sampai kapan begini terus? Ya nggak?

 

Mau Sampai Kapan ?

Mau sampai kapan memilih jalan hidup begitu dan ngorbanin masa depan kamu sendiri?mau sampai kapan

Karna dengan hiburan-hiburan kayak gitu, pastinya uang kamu nggak akan pernah cukup.

Saat uangmu nggak pernah cukup, terpaksa hutang dibayar minimal terus – mikirnya yang penting masih kebayar.

Nah, siklusnya akan jalan gini-gini aja.hutang kayak jerat setan

Pas-pasan – kepengen hura-hura – budget udah habis – ngutang dulu – bayarnya nyicil aja – pas-pasan lagi – kepengen enjoy life – uang kagak ada – ngutang lagi – nyicil lagi.

Trus mau sampai kapan kayak gini?

Padahal cepat atau lambat, hutang tetap harus kamu bayar lunas.

Untuk ngatasin hal ini, berikut adalah 5 mindset bebas hutang yang akan kita bahas satu persatu :

So, stay tune! 

 

HUTANG ADALAH BEBAN

Sedihnya lagi, banyak yang nggak sadar kalo hutang adalah beban.

Bagi mereka, hutang adalah alat yang ngebantuin hidup mereka. Padahal nih…

hutang adalah beban

Emang bunganya besar, tapi kalo bisa ditarik panjang kan cicilannya jadi lebih kecil.

Berarti kamu terbantu oleh hutang tersebut.

Padahal kalo dipikir lagi.

Emang bulanannya cuman 200 ribu.

Tapi kalo dibayar 2 tahunan, apa nggak jadi 5 jutaan juga?bayarnya lamaaaa

Bayangin saja, kalo bukan buat dibayarin ke hutang, uang itu akan nginap dengan tenang di rekening kamu !

Uang itu bisa kamu simpan dalam bentuk emas (misalnya perhiasan), atau simpanan untuk dana darurat.

Emang sih kamu ngakunya sudah pas-pasan dan nggak sanggup bayar tambahan Rp 200 ribu supaya cicilannya jadi satu tahun saja.

Tapi apakah benar-benar nggak ada sisa Rp 200 ribu dari yang biasa dipake untuk beli pulsa, paket internet, jajan-jajan, atau beli baju-baju ?

Saya tahu kok, ngomong itu mudah. Tapi kalo kamu sendiri nggak coba, kamu juga nggak akan tahu hasilnya.

Paling jeleknya yah selama setahun hiburan kamu berkurang.

Nggak lama kok.

Coba deh, setahun doang alokasikan jajan-jajanmu buat ngelunasin hutang. Dan lihat sendiri hasilnya gimana.

 

BISA KENA BUNGA

Apalagi kalo kamu ngutangnya ke bank, yang akan ngasih bunga yang merontokkan gigi.

Kenapa?

Karena kebanyakan kamu pasti gunain kartu kredit atau KTA yang bunganya lebih tinggi dari pinjaman biasa.

Ingat ya :semakin kecil pinjaman semakin besar bunganya

Dan kebayang nggak sih, setiap bulan bayarin hutang dan bayarin porsi bunganya?

Kebayang saja kalo bunganya Rp 50 ribu, maka tanpa adanya hutang itu kamu sudah bisa pake Rp 50 ribunya sebagai uang pulsa.

Tapi karena ngutang, maka Rp 50 ribu tersebut hangus sebagai bunga pinjaman.hutang bisa kena bunga

Itu masih hitungan pinjaman dalam jumlah kecil.

Coba kamu hitung kalo minjam dan buatin cicilan ke kartu kredit dengan bunga normal mereka.

Hitungannya gini :

Bunga kartu kredit 2,25 % per bulan. Pinjaman Rp 5 juta selama 2 tahun.

Bunga pinjaman selama 2 tahun = 2,25 % x 24 bulan = 54 %
Bunga pinjaman dalam Rupiah = Rp 5.000.000 x 54 % = Rp 2.700.000
Bunga pinjaman setiap bulan = Rp 2.700.000 / 24 bulan = Rp 112.500

Padahal di kepala kamu sudah kepikiran ringan juga ya cicilannya cuman Rp 320.833 doang.

Rp 5.000.000 + Rp 2.700.000 = Rp 7.700.000 / 24 bulan = Rp 320.833

Sementara bunganya saja sudah seratusan ribu per bulan.

 

MEMBATASI RUANG GERAK

Nggak kok. Hutang nggak membatasi ruang gerak saya, katamu dalam hati.

hutang membatasi ruang gerak

Pernah nggak kepikiran kalo dengan memiliki hutang, kamu nggak bisa eksplor banyak hal lainnya?

Karena seperti di poin 1, hutang adalah beban, yang diikatkan di kakimu.

Jadi setiap kali mau melangkah jauh, kamu akan kecapekan karena bebannya terlampau berat.

  • Bayangin waktu kamu bisa menyelesaikan semua hutangmu!
  • Bayangin waktu kamu bisa menikmati gajimu semuanya. Nggak ada porsi buat dibayarin ke pihak ketiga. 
  • Bayangin waktu hidup menjadi milik kamu seutuhnya.

Nggak kepengen hidup bebas, lepas tanpa beban?

Kalo kamu kepepet banget, mau nggak mau ngutang ya apa boleh buat.

Tapi, kalo kamu ngutang hanya untuk belanja atau sesuatu yang bersifat konsumsi, ya baiknya maka lebih baik nggak usah ngutang dari awal.

 

MERAMPAS MASA DEPAN

Ini adalah satu hal yang orang jarang pahami.hutang merampas masa depanmu

Hutang itu merampas masa depan kamu sendiri.

Jadi dengan ngutang, kamu sedang merampok dirimu sendiri di masa depan.

Nah, banyak orang percaya bahwa hutang adalah solusi jangka pendek.

Dan benar. Hutang jadi solusi jangka pendek kalo tujuannya tepat.

Sehingga ini kembali pada tujuan kamu ngutang. BUAT APA KAMU NGUTANG

Misalnya ngutang untuk bayarin biaya rumah sakit orangtua, itu adalah solusi.

Tapi kalo kamu ngutang untuk belanja online, apakah itu adalah solusi jangka pendek?

Nggak.

Berhutang untuk kebutuhan konsumsi bukanlah solusi jangka pendek.

Karena kalo untuk konsumsi dasar saja kamu sudah berhutang, maka ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan.

At least kalo nggak punya tabungan, upayakanlah kamu nggak belanja lebih dari gaji bulananmu.

Ingat selalu bahwa hutang harus dibayar.

Gimana bisa kalo saat ini saja kamu nggak mampu hidup tanpa hutang, maka di masa depan kamu akan berhasil melunasinya?

No way. Ya nggak mungkin lah.

Karena hutang kamu saat ini akan menjadi beban kamu di masa depan.

 

SERING NGUTANG BISA CANDU

Nggak cuman konsumsi alkohol atau narkoba yang bikin nagih.

Ngutang pun bisa bikin kecanduan.

Kenapa?

Karna hutang bisa ngasih solusi sementara. Dannnn otak kamu & saya ini hobi banget sama solusi sementara.sering ngutang bisa candu

Bayangin saja setiap kali butuh sesuatu, kamu ngelariin diri pada bantuan utang.

Nggak cuman ke keluarga, juga ngutang ke teman-teman, ngutang ke rekan kerja hingga ngutang ke bank.

Satu hutang saja sudah bikin pusing, apalagi kalo ngutangnya sebanyak itu.

Kebayang kalo kamu biarin dirimu sendiri ‘terbiasa’ ngutang?

Butuh apapun ngutang dulu, usaha lainnya belakangan.

Kalo kamu jumpa orang seperti ini, waktu dia butuh bantuan, apa mau nolongin?

Saya sendiri akan menggeleng.

Karena ini adalah orang yang punya kebiasaan buruk.

Hidup saya saja sudah banyak drama, buat apa nambahin drama baru karna orang lain?

Kebayang nggak, kalo kamu adalah orang yang doyan ngutang itu?

Kebayang siapa lagi yang akan bantuin kamu di saat urgent?

 

Hidup Emang Nggak Selalu Mudah

Bukan karena kamu hanyalah pekerja yang gajinya terbatas.

Bukan pula karena gajimu hanya sedikit di atas UMR.

Bukan juga karena pengeluaran nggak ada habis-habisnya.NGGAK ADA YANG ABSOLUT DALAM HIDUP

Artinya nggak ada yang benar-benar ‘salah’ ataupun benar-benar ‘betul’.

  • Kalo saya nggak habisin uang buat hiburan, saya akan stres.
  • Tapi kalo saya nggak bayar hutang saya dan enjoy life, besoknya saya yang stres.

Makanya balik ke kamu lagi.

Maunya apa?

Fokusnya apa?

Siap nggak susah-susah dikit sekarang, bisa senang di masa depan?

 

BACA JUGA :

10 Pertanyaan Sebelum Kamu Meminjam Uang

LINK DI WARTADANA :

  • Instagram wartadanablog => sharing perihal perbankan dan kredit dalam format yang lebih sederhana.
  • Twitter wartadanacom=> sharing artikel menarik atau video menyenangkan dari internet.
  • Sitemap wartadana=> melihat artikel-artikel yang sudah diterbitkan di blog ini.

Terima kasih sudah main ke wartadana.com

REFERENSI PERSONAL FINANCE KAUM MILLENNIALS

Pekanbaru, 20 Mei 2018 11.14

Masih kepengen tahu tentang mindset bebas hutang? Silahkan komentar di bawah ini.

Bermanfaat kan? Ayo di-share ke yang lainnya juga!

Summary
5 MINDSET BEBAS HUTANG ALA MILLENNIALS
Article Name
5 MINDSET BEBAS HUTANG ALA MILLENNIALS
Description
Klik artikel ini untuk belajar 5 mindset bebas hutang bagi kaum millennials. Pola pikir wajib biar nggak dibiasain ngutang kemana-mana.
Author
Publisher Name
www.wartadana.com
-

Charlina

Masih berkarir di bidang perbankan sejak 10 tahun silam. Masih belajar banyak untuk membangun blog tentang uang dan bank yang jujur. Masih berupaya untuk menghargai hidup yang sungguh singkat ini. Dan masih ketawa norak setiap kali gajian :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *