7 FAKTA MENABUNG YANG ANAK MUDA WAJIB TAHU

Sedang struggle dengan tabungan yang nggak juga nambah-nambah? Sedang belajar untuk menabung dengan teratur? Yuk, baca 7 fakta tentang menabung yang anak muda wajib tahu di bawah ini.


 

1. Menabung adalah untuk diri sendiri

Artinya apa yang kita sisihkan harus dapat kita nikmati. Jadi (tanpa mendiskreditkan pihak tertentu ya), sekedar diperjelas bahwa asuransi bukanlah tabungan.

Apalagi asuransi yang menjual UP (uang pertanggungan) dengan nilai tinggi yang baru dapat dinikmati oleh keluarga yang ditinggalkan setelah kita the end.7 fakta menabung yang anak muda wajib tahu

Bukan berarti membeli asuransi itu tidak baik (asuransi jiwa dan kesehatan adalah hal yang wajib), tetapi menjadikannya sebagai tabungan bukan hal yang tepat.

Dalam konsep menabung untuk diri sendiri, kita wajib paham bahwa uang yang kita tabung adalah untuk diri sendiri di masa depan.

Percaya deh, dengan membayangkan bahwa uang yang disimpan dengan susah payah, akan kita gunakan sendiri, motivasi untuk menabung jadi meningkat.

Dan yang terpenting adalah hidup kita adalah untuk kita terlebih dahulu, sehingga tujuan menabung kita pastinya untuk diri sendiri.

 

2. Menabung untuk berjaga-jaga di masa depan

7 fakta menabung yang anak muda wajib tahu

Masa depan adalah hal yang baik, bagi orang-orang yang optimis.

Tetapi bagi yang realistis, mereka akan sadar bahwa kadang kita bisa saja bertemu dengan beberapa halangan, beberapa kebutuhan ataupun kondisi dimana kita butuh uang lebih.

Nah, dengan adanya tabungan, kita menjadi percaya diri untuk menghadapi beberapa kondisi yang menguras kantong.

Misalnya orangtua sakit dan biaya yang dibutuhkan lebih dari nominal yang di-cover asuransi, dengan memiliki tabungan kita nggak perlu minjam sana-sini.

Misalnya belum punya rumah, dengan memiliki tabungan yang cukup kita dapat membeli rumah yang kita inginkan serta hidup nyaman di dalamnya.

Misalnya ada keluarga yang butuh pertolongan, dengan memiliki tabungan kita dapat menolong mereka.

Dengan adanya tabungan (besar atau kecil) membuat kita memiliki semacam pegangan yang menjadikan kita lebih tenang dalam menghadapi masa depan.

 

3. Menabung bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang

Menyambung tentang masa depan, ada dua jenis waktu yang tersedia di hadapan kita. Waktu dalam jangka pendek dan waktu dalam jangka panjang.

Jangka pendek berkisar antara 1 hingga 5 tahun sementara di atas 5 tahun sudah tergolong jangka panjang.

Bagi saya idealnya tabungan adalah 80% untuk digunakan jangka pendek dan 20 % untuk digunakan jangka panjang.

Porsi tabungan jangka pendek lebih besar karena peluangnya untuk kita nikmati lebih besar daripada yang jangka panjang.

Namun porsi ini kembali kepada kita masing-masing, disesuaikan dengan kebutuhan finansial kita.

Menabung jangka pendek berarti menyimpan uang yang kira-kira akan digunakan dalam waktu 1 hingga 5 tahun ke depan, misalnya untuk jalan-jalan ke Korea tahun depan, atau untuk membeli mobil untuk 3 tahun ke depan.

Tujuannya kembali kepada kita masing-masing, apa sih sesuatu yang kita mau?

Sementara untuk jangka panjang bisa jadi menabung untuk membeli rumah, ataupun untuk persiapan pensiun.

Pastinya kita ingin hidup sama nyamannya sewaktu pensiun nanti, sehingga dibutuhkan sumber dana yang memadai juga.

Menabung dana pensiun dari muda memberikan kita kesempatan mencuri start dengan masa depan.

 

4. Menabung untuk jangka pendek wajib likuid

Tujuan tabungan jangka pendek wajib likuid ini adalah agar mudah diakses dan dengan mengaksesnya pokok tabungan kita nggak berkurang.

Kita bisa saja menyimpan uang dalam bentuk emas sebagai tabungan jangka pendek, tetapi siapa yang dapat menjamin saat saya membutuhkan uang, harga emas pasti sedang naik?

Nggak ada.

Sama halnya dengan reksadana ataupun produk sekuritas lainnya, dimana nggak ada jaminan bahwa harga sedang baik saat kita ingin mencairkannya.

7 fakta menabung yang anak muda wajib tahuKarena itu untuk tabungan jangka pendek lebih baik  meletakkannya dalam bentuk tabungan di bank ataupun deposito.

Kurang tepat meletakkan tabungan jangka pendek kita di perusahaan sekuritas atau reksadana.

Alasannya karena kita nggak akan siap menerima kerugian yang ‘mungkin’ timbul dengan adanya potensi naik turun harga objek investasi kita.

Berbeda dengan tabungan bank atau deposito, yang secara pasti nggak akan mengurangi nilai pokok kita, serta dapat diakses kapanpun.

Semisal kita membutuhkan dana, bahkan dengan tabungan berbentuk deposito kita hanya membutuhkan waktu paling lama 2 hari untuk mencairkannya.

 

5. Menabung butuh rencana

Memiliki rencana dan persiapan untuk apapun juga, jauh lebih baik daripada tanpa persiapan. Sama halnya untuk menabung.

Sulit untuk menabung jika kita nggak membuat budget terlebih dahulu. Apalagi mayoritas kita masih bekerja pada perusahaan dimana penghasilan hanya masuk sekali sebulan.

Gimana caranya mengatur supaya gaji yang hanya masuk sekali sebulan itu untuk sanggup memenuhi pengeluaran yang terjadi hampir setiap hari, adalah work of miracle.

Saya pernah berada di suatu titik, dimana saya punya rencana untuk menabung banyak dari gaji yang saya dapatkan, tetapi bisa menyisihkan bahkan seratus ribu saja dari gaji saya adalah keajaiban.

Nah, berbekal dari puluhan bulan gajian yang nggak pernah on track tersebut, saya mulai belajar untuk merencanakan tabungan.

Dengan adanya rencana-rencana kecil, tujuan yang besar lebih mudah untuk diselesaikan.

Tapi rencana saja nggak cukup, karena itu kita butuh satu hal di bawah ini.

BACA JUGA : MENGATUR BUDGET KEUANGAN PRIBADI MUDAH

BACA JUGA : 10 TAHAP MUDAH MENGELOLA KEUANGAN ALA OJK

BACA JUGA : KUMPULAN ARTIKEL PERSONAL FINANCE ALA WARTADANA

 

6. Menabung butuh komitmen

Di jaman begini apa sih yang nggak butuh komitmen?

Memiliki tujuan dan motivasi untuk mewujudkan sesuatu bisa saja cukup. Tetapi, motivasi nggak ada setiap hari.

Apalagi buat perempuan muda seperti kita yang masih struggle dengan tekanan pekerjaan dan tekanan sosial lainnya, dimana motivasi adalah hal yang mesti disiramin ke kepala setiap harinya.7 fakta menabung yang anak muda wajib tahu

Berbeda dengan komitmen, ada atau nggak adanya motivasi, komitmen adalah janji yang mesti kita tepati.

Analoginya seperti berangkat kerja setiap harinya. Bullsh*t banget kalo ngomong kita berangkat kerja setiap pagi karena berkomitmen terhadap perusahaan.

Karena kita berangkat kerja setiap pagi dengan adanya komitmen untuk mendapatkan gaji di akhir bulan.

Komitmen ini yang membuat kita bangun walopun ngantuk, mengenakan pakaian rapi walopun masih ingin mengenakan piyama barang satu menit lagi dan membuat kita menembus kemacetan dan jalanan untuk absen di kantor tepat waktu.

Sama seperti menabung, dengan punya tujuan ya kita harus berkomitmen untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Rencana sebagus apapun, kalo kita nggak nggak memberikan komitmen kita ke tujuan tersebut, sama saja hasilnya akan nol juga.

 

7. Menabung itu mudah

Membaca fakta menabung ke-7 ini, akan ada 2 reaksi yang timbul.

Yang pertama adalah bisa langsung mengangguk setuju banget. Dan yang satunya lagi bisa jadi mencemooh dalam hati, teriak yang kencang. ‘Bullsh*t woy!’

Awal menabung kita mengutuk dalam hati, susahnya menabung sama dengan susahnya diet.

Susahnya menghilangkan 100 gram berat badan sama dengan susahnya menambah tabungan sebesar 100 ribu. Maju mundur cantik.


7 fakta menabung yang anak muda wajib tahu

Nah, di sinilah kita butuh komitmen. Boleh saja bulan ini kita masih kepeleset nggak bisa nabung, tapi kita nggak boleh berhenti.

Bulan depan dicoba lagi dengan komitmen yang sama. Kalo sudah on track, memenuhi komitmen pribadi, membiasakan diri, menabung akan menjadi aktivitas yang mudah dan adiktif.

Dalam hal menabung, mulai dari angka kecil dan teratur lebih baik, daripada mulai dengan angka besar yang bolong-bolong.

Hitungan sederhananya dengan menyimpan 100 ribu per bulan secara teratur, maka di bulan ke-10 kita sudah punya uang 1 juta.

Kalo nggak ditabung, nggak jadi apa-apa juga uang tersebut.

Di bulan ke-10, perasaan yang timbul waktu melihat bahwa tabungan kita itu akhirnya bernilai sesuatu itulah yang membuat kita kecanduan.

Nggak percaya? Coba deh!

Btw silahkan klik link ini : Uang 100 ribu masuk celengan saja untuk dapetin pencerahan agar nggak salah menempatkan uang tabungan.

7 Fakta Menabung yang Anak Muda Wajib Tahu

#girlsliftothergirlsup

Pekanbaru, 11 Maret 2018 14.11

  • listening to For You by Liam Payne ft Rita Ora

Bermanfaat kan? Ayo di-share ke yang lainnya juga!


Charlina

Masih berkarir di bidang perbankan sejak 10 tahun silam. Masih belajar banyak untuk membangun blog tentang uang dan bank yang jujur. Masih berupaya untuk menghargai hidup yang sungguh singkat ini. Dan masih ketawa norak setiap kali gajian :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *