3 HAL YANG DIKERJAKAN SEBELUM MENABUNG

Masalah kita di jaman now yang belum terselesaikan adalah menciptakan cukup uang untuk memenuhi semua keinginan kita.


Sehingga jalan tengah dari gap antara kebutuhan vs kemampuan kita adalah aktivitas menabung.

Kepingin memiliki sesuatu tapi belum punya cukup uang untuk itu?

Atau memiliki sebuah cita-cita mulia yang modal awalnya adalah uang?

————————————————————————————————

Dalam beberapa minggu terakhir, saya banyak habisin waktu saya di Youtube dengan menonton beberapa channel short documentary.

Dari puluhan video yang saya lahap, kesimpulan yang mampu saya aplikasikan dalam pikiran saya adalah :

Bahwa hidup akan selalu menantang kita dengan masalah-masalah baru. Secepat apapun kita selesaikan sebuah masalah, akan ada masalah baru menghadang di hadapan kita.

Tapi ternyata di luar dugaan, menyelesaikan masalah adalah apa yang kita perlukan untuk merasa hidup.

Termasuk menyelesaikan masalah gap antara kebutuhan finansial vs kemampuan finansial kita.

Menabung sejatinya adalah solusi dari permasalahan finansial kita, bukan beban.

So please jangan sampai ada alasan : “Duh, gua lagi nabung jadi terbatas kesana-sini.”

Karena menabung nggak harus jadi beban atau alasan kita nggak menikmati hidup saat ini.

————————————————————————————————

Untuk mulai menabung, ada 3 hal yang mesti kita kerjakan terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah proses kita menabung.

Apa saja ketiga hal yang dikerjakan sebelum menabung?

 

1. Punya tujuan finansial

Terlepas dari betapa menyebalkannya mendengar kata tujuan finansial, kita mesti mengakui bahwa mobil yang tahu tujuan akhirnya akan sampai lebih cepat di tujuan tersebut dibandingkan dengan mobil yang berputar-putar tanpa arah.

3 HAL YANG DIKERJAKAN SEBELUM MENABUNG

source : Google

Tujuan finansial haruslah menjadi fondasi dasar sewaktu kita memutuskan untuk menabung.

“Hey! Saya mau nabung 50 juta tahun ini untuk DP rumah.”

Helloooo! It’s me. Saya kepengen nabung 100 juta untuk modal nikah.”

Anything. Termasuk tujuan seperti ini sekalipun :

“Saya mau nabung 10 juta untuk ganti henpon ke aiphone Z.”

————————–

Dalam minggu ini, saya belajar satu hal penting dalam hidup bahwa :

 Kita nggak bisa menjadi orang lain, selain diri kita sendiri.

Nggak peduli gimanapun kita pengen lari atau pengen mengganti hidup yang saat ini kita jalani dengan sebuah versi yang kita pikir ideal, kita nggak bisa lari dari diri kita sendiri.

Jadi jika hari ini kita hanya punya tujuan yang remeh banget, hanya punya tujuan yang dangkal banget maka yang perlu kita lakukan adalah mewujudkan tujuan tersebut.

Jangan mikir lebih terlalu jauh, karena over thinking hanya membuat perjalanan yang sangat berharga ini jadi nggak menarik.

————————–

Jadi apa tujuan finansial kita? Apa yang ingin kita capai dengan menabung? Apa yang bisa membuat kita mau mengorbankan momen ini demi masa depan? Apa itu?

Kita masing-masing punya tujuan.

Sadar atau nggak, manusia itu adalah makhluk yang super egois. Setiap dari kita punya keinginan yang ingin kita capai. Setiap dari kita rela mengorbankan apa saja demi tujuan tersebut.

Yang perlu kita lakukan adalah benar-benar mengenali tujuan tersebut dan membaginya dalam aspek kecil bernama tujuan finansial.

Mengerti tujuan finansial akan membantu kita untuk fokus menabung, karena :

1.  Kita punya alasan untuk bangun setiap pagi

2.  Kita punya alasan untuk berangkat bekerja setiap weekdays

3.  Kita punya alasan untuk berhemat dalam hal-hal kecil

4.  Kita punya alasan untuk mengatur pengeluaran bulanan kita

5.  Dan kita punya alasan untuk mencoba terus setiap harinya

Maka, apa tujuan finansialmu?

BACA JUGA : SMART GOAL DAN APLIKASINYA DALAM ASPEK KEUANGAN PRIBADI

 

2. Melunasi hutang-hutang

Hutang adalah apa yang akan memperlambat langkah kita di masa depan. Karena HUTANG mesti dibayar hingga lunas, entah itu besok atau lusa.

Melunasi hutang akan mengkonsumsi banyak waktu dan energi, karena kita butuh komitmen untuk itu.

Dan namanya kita masih orang biasa, akan sulit menjaga lebih dari satu komitmen di satu waktu yang sama. Pikiran kita akan pecah dan sulit memutuskan mana yang lebih penting.

Tanpa fokus, keinginan remeh pun sulit untuk diwujudkan.

Maka, sebelum berpikir untuk menabung dalam jumlah besar, kita perlu melunasi dahulu hutang-hutang kita.

BACA JUGA : 5 MINDSET BEBAS HUTANG

BACA JUGA : 6 CARA TEPAT MELUNASI HUTANG

 

Jika hutang kita hanya satu, akan mudah melunasinya. Tetapi gimana kalo hutang kita ternyata lebih dari satu? Berikut adalah skema prioritas melunasi hutang yang baik :

1.  Lunasi hutang yang dikenakan bunga

2.  Lunasi hutang pada pihak ketiga selain keluarga dan teman terlebih dahulu

3.  Lunasi hutang kepada teman dahulu sebelum keluarga

4.  Lunasi hutang yang besar dahulu, karena mesti dicicil perlahan

5.  Lunasi hutang yang paling lama

Ingat untuk NGGAK NAMBAH HUTANG LAGI!

Serta penting untuk mengerti jika dalam waktu melunasi hutang ini kita nggak akan mampu menabung sepeserpun, sehingga tujuan finansial kita nggak juga tambah dekat.

Jangan ngomong : “Gimana mau nabung, ini dari kemarin bayarin hutang aja nggak kelar-kelar.”

3 HAL YANG DIKERJAKAN SEBELUM MENABUNG

source : google

Memang benar kita nggak bisa nabung sepeserpun sehingga tujuan finansial kita belum dekat.

Tapi sadar nggak sih, kalo sewaktu kita membayar hutang-hutang tersebut, kita memastikan bahwa masa depan kita, bahwa gaji-gaji kita selanjutnya adalah milik kita sendiri SEPENUHNYA.

Dan gaji itu nggak akan kebagi untuk bayarin pihak lain lohhh.

Dannn, mengucapkan kalimat di atas hanya nunjukin betapa nggak bertanggungjawabnya kita.

Sudah tahu ngutang harus bayar, kenapa malah mengeluh waktu membayarnya?

 

3. Membuka rekening khusus menabung

Langkah terakhir adalah langkah super mudah yang kalo kita lakukan di awal sekali, akan membuat perjalanan menabung kita semakin lancar jaya.

Menggabungkan rekening tabungan dengan rekening yang sehari-hari kita gunakan biasanya nggak efektif bagi kita yang baru mau belajar menabung.

Karena uang kita akan tercampur dan sulit memisahkan porsi tabungan dengan porsi yang boleh kita gunakan.

Maka, membuka rekening terpisah adalah langkah kecil yang membuat perbedaan besar.

Rekening seperti apa yang sangat membantu sewaktu mulai belajar menabung?

–  Rekening yang biaya administrasinya rendah (kalo bisa tanpa biaya administrasi)

–  Rekening yang ATM-nya sulit diakses, jadi kita mikir-mikir kalo mau narik uang karena akan kena biaya

–  Rekening yang sifatnya mengikat, dimana kita nggak bisa tarik sesuka hati kita

Kalopun nggak mau ribet, membuat rekening baru di bank mana saja sudah cukup. Cari bank paling dekat dari lokasi kerja atau rumah tinggal kita dan buka rekening di sana.

3 HAL YANG DIKERJAKAN SEBELUM MENABUNG

sumber : makeameme.org

Jika ketiga hal ini telah kita kerjakan, maka pekerjaan pikiran kita selanjutnya adalah menabung.

BACA JUGA : 7 FAKTA MENABUNG YANG PEREMPUAN MUDA WAJIB PAHAM

 

Pesan Sponsor :

Menabung nggak harus jadi aktivitas yang bikin kita stresss. Karena menabung sama dengan membantu diri kita sendiri di masa depan. Kenapa harus dibuat jadi beban saat ini?

Dan  :

Hidup itu nggak ribet.

Menginginkan sesuatu = berupaya.

Tidak mau berupaya = tidak menginginkan sesuatu.

 

Pekanbaru, 7 September 2018

#girlsliftothergirlsup

Bermanfaat kan? Ayo di-share ke yang lainnya juga!


Charlina

Masih berkarir di bidang perbankan sejak 10 tahun silam. Masih belajar banyak untuk membangun blog tentang uang dan bank yang jujur. Masih berupaya untuk menghargai hidup yang sungguh singkat ini. Dan masih ketawa norak setiap kali gajian :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *